Friday, 4 August 2017

Cara Beli Rumah Cash Dengan Langkah yang Aman

Cara beli rumah cash merupakan cara paling aman membeli rumah, karena prosesnya akan lebih cepat dan status kepemilikan rumah juga akan cepat didapatkan. Selain itu transaksi yang dilakukan juga akan terjadi secara cepat dan tepat. Oleh karena itu banyak orang yang ingin mengetahui tata cara pembelian rumah secara cash. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.
Keuntungan Menggunakan Cara Beli Rumah Cash
Rumah merupakan bangunan tempat tinggal yang sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Semua orang memang membutuhkan tempat tinggal untuk tetap bisa melakukan aktivitas dengan lancar. Oleh karena itu permintaan akan hunian terus meningkat. Apalagi jika penduduk di Indonesia terus meningkat. Maka nanti kebutuhan akan rumah terus berkembang.
Dan tentu saja dalam membeli sebuah rumah, semua orang pasti ingin membeli dengan cara yang cepat dan tepat. Salah satunya adalah dengan melakukan transaksi secara tunai atau cash. Walau saat ini sudah banyak sistem kredit KPR yang berjalan, tetap saja banyak orang yang mengidamkan pembelian rumah secara tunai. Wajar saja, karena membeli tanah secara cash memang lebih menguntungkan. Apa saja keuntungannya? Berikut penjelasannya.
·         Harga rumah lebih murah
Harga rumah jika dibeli secara tunai tentu akan berbeda dengan harga rumah yang dibeli secara kredit. Dalam sistem kredit, tentu ada bunga yang menyertai. Walau kredit memberi kemudahan karena harga cicilan setiap bulannya terlihat murah, namun jika diakumulasikan, harga rumah kredit jauh lebih mahal daripada harga rumah tunai. Daripada membuang uang untuk kredit, akan lebih menguntungkan pembelian rumah secara tunai.
·         Proses transaksi yang cepat
Transaksi jual beli yang dilakukan dengan cara tunai akan sangat cepat. Singkatnya, ada uang ada barang. Namun, untuk transaksi beli rumah dengan kredit, proses transaksi akan sangat lama. Apalagi untuk jangka waktu kredit yang bertahun-tahun lamanya. Belum lagi risiko yang akan didapatkan di depan nanti, jika ternyata pembeli tidak sanggup membayar cicilan. Akan sangat rumit prosedur yang akan dilakukan. Bahkan beberapa developer juga membuka kredit untuk rumah yang bahkan belum dibangun. Tentu hal ini akan membuat pembeli menunggu lama untuk mendapatkan hak atas rumah yang dibelinya.
·         Tidak terlilit hutang
Membeli rumah secara tunai tentu akan membebaskan pembeli dari hutang. Kehidupan pun akan lebih tentram dan nyaman karena tidak perlu memikirkan angsuran.
Dari penjelasan di atas, cara beli rumah cash memang sangat menguntungkan. Berikut ini tips yang bisa dilakukan untuk membeli rumah dengan cara tunai.
1.      Menentukan pilihan
Cara yang pertama adalah dengan menentukan pilihan dari rumah yang akan dibeli. Pilihlah rumah yang lokasinya sangat strategis, yang di sekelilingnya ada banyak fasilitas umum. Pilih lokasi rumah yang dekat dengan pasar, rumah sakit, pusat perbelanjaan, tempat ibadah, tempat pendidikan, dan sebagainya.
Rumah yang dipilih tidak harus merupakan rumah baru, karena saat ini jual beli rumah bekas juga cukup menguntungkan. Biasanya harganya lebih murah daripada rumah baru atau rumah di perumahan. Cara membeli rumah bekas secara tunai yang harus dilakukan pertama kali adalah memeriksa secara langsung rumah tersebut. Perhatikan kondisi fisiknya. Jangan sampai ada kerusakan yang akan mengganggu.
Selain itu, calon pembeli juga berhak mengetahui kelengkapan dokumen dari rumah tersebut. Perlu kiranya calon pembeli dan penjual sama-sama terbuka mengenai status rumah tersebut. Pembeli juga berhak memeriksa keabsahan rumah tersebut sebelum membelinya.
2.      Membayar uang muka
Jika calon pembeli dan penjual sudah sepakat untuk melakukan transaksi, perlu kiranya pembeli tidak langsung melunasi pembelian rumah tersebut. Pembeli dan penjual harus melakukan kesepakatan mengenai pembayaran rumah tersebut. Mintalah penjual untuk setuju bahwa pembeli akan membayarkan uang muka terlebih dahulu dalam jumlah nominal yang disepakati.
Hal ini perlu untuk mengurangi risiko penipuan atau tindak kejahatan yang mengatasnamakan penjualan rumah. Usahakan nominal untuk uang muka tidak terlalu besar. Bila perlu, buat surat kesepakatan yang bermaterai agar penjualan rumah dan pembayaran uang muka tersebut dapat dipertanggungjawabkan.
3.      Menggunakan jasa notaris
Cara paling aman adalah dengan melakukan proses jual beli rumah melalui notaris. Notaris bertugas untuk mengesahkan proses jual beli tersebut. Selain itu notaris juga akan membantu proses balik nama sertifikat rumah secara tepat dan cepat. Biasanya proses balik nama yang dibantu oleh notaris hanya memakan waktu selama 3 hari saja.
Penjual dan pembeli rumah bisa mendatangi kantor notaris beserta seluruh dokumen yang dibutuhkan. Notaris akan membantu proses pengesahan jual beli dan membantu transaksi akan berjalan sebagaimana mestinya. Tentu saja dengan menggunakan jasa notaris, transaksi akan lebih aman dan bebas dari penipuan.
Demikianlah keuntungan dan tata cara beli rumah cash. Ingat selalu untuk berhati-hati akan segala risiko dari pembelian rumah. Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat bagi banyak pihak.

No comments:

Post a Comment

About Us

Harga RumahJOGJA

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]








Popular Posts

Formulir Kontak