Friday, 4 August 2017

Pelajari Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil

Cara membeli rumah dengan gaji kecil yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menggunakan sistem kredit kepemilikan rumah. Namun selain itu ada juga tips-tips membeli rumah yang bisa dilakukan walaupun dengan gaji kecil. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut.
Cara Membeli Rumah dengan Gaji Kecil
Rumah memang merupakan salah satu kebutuhan pokok keluarga untuk bisa bertempat tinggal dengan baik dan layak. Rumah saat ini memang banyak dicari oleh orang, terutama oleh keluarga yang memang belum memiliki rumah sendiri. Hal ini berkaitan dengan semakin banyaknya penduduk dan semakin berkembangnya perkotaan. Hal ini memicu tingginya permintaan akan rumah. Wajar jika rumah harganya juga kian hari kian meningkat.
Harga rumah yang kian hari kian meningkat inilah yang menyebabkan banyak orang ragu untuk bisa membeli rumah. Apalagi jika seseorang hanya bergaji pas-pasan. Mungkin seseorang yang sudah memiliki tanah bisa memiliki rumah dengan cara membangun rumah dengan gaji kecil. Namun untuk yang belum memiliki tanah, tentu saja akan lain ceritanya. Berikut ini ada beberapa cara membeli rumah dengan gaji kecil yang bisa dilakukan.
1.      Merencanakan keuangan
Jika ada seseorang yang ingin membeli rumah, baik itu secara tunai maupun kredit, hal pertama yang harus dilakukan adalah merencanakan keuangan dengan baik. Dalam hal ini calon pembeli rumah wajib mengetahui berapa besar rata-rata pengeluaran dalam satu bulan. Selain itu perlu juga diketahui batasan-batasan dana yang sekiranya diperlukan untuk berjaga-jaga. Dari sanalah baru bisa didapatkan rentan uang yang bisa dipergunakan untuk keperluan mencicil atau menabung. Biasanya untuk sistem kredit, perlu dilakukan pembayaran DP terlebih dahulu, untuk kemudian dicicil dengan angka 30% dari gaji per bulannya.
2.      Mencari KPR yang tepat
Setelah benar-benar yakin bahwa keuangan akan stabil, dan ingin melakukan kredit kepemilikan rumah, maka carilah KPR yang benar-benar tepat. Sesuaikan KPR dengan anggaran yang sudah direncanakan sebelumnya. Jika KPR untuk rumah baru ternyata kurang sesuai dengan kondisi keuangan, saat ini bisa juga dilakukan dengan cara membeli rumah bekas dengan KPR. Tentu keduanya sama-sama merupakan sistem kredit. Namun ada perbedaan dari keduanya berdasarkan sistemnya. Rumah baru biasanya terikat dengan developer, sedangkan rumah bekas sifatnya lebih bebas.
3.      Menganalisa nilai investasi lingkungan
Saat akan membeli rumah, baik itu dengan sistem tunai atau kredit, selalu analisa lingkungan. Pastikan lingkungan tersebut memang akan berkembang di masa yang akan datang. Walau pada kenyataannya pembeli akan membeli rumah untuk ditinggali sendiri, pastikan bahwa aset tersebut memiliki nilai investasi yang tinggi di masa depan. Hal ini akan menguntungkan, karena siapa tahu nanti rumah tersebut memang akan dijual.
4.      Melatih diri untuk kredit
Sebelum benar-benar melakukan kredit kepemilikan rumah, mulailah melatih diri untuk kredit. Simpan beberapa uang dalam satu bulan, misalnya sebanyak 500 ribu rupiah. Lalu perhatikan apakah sistem keuangan tetap stabil selama bulan tersebut. Jika keuangan tetap stabil dan kehidupan sehari-hari tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya, maka itu tandanya KPR bisa dilakukan. Jika belum, maka lebih baik mencari cara untuk bisa menstabilkan keuangan terlebih dahulu.
5.      Meminjam uang di bank
Mungkin banyak yang bertanya bagaimana jika gaji 2 juta ingin beli rumah? Maka salah satu cara yang cepat dan tepat adalah dengan meminjam dana di bank. Cara ini sebenarnya mirip dengan KPR. Perbedaannya adalah KPR dilakukan dengan DP, sedangkan jika meminjam uang di bank tidak harus memberikan DP.
6.      Menabung secara rutin
Cara yang paling aman untuk membeli rumah walaupun gaji kecil yang berikutnya adalah dengan menabung secara rutin. Sebut saja jika gaji setiap bulan hanya tiga juta rupiah. Jika menabung sebanyak satu juta rupiah setiap bulan, maka dalam satu tahun sudah ada tabungan sebesar dua belas juta rupiah. Jika menabung dilakukan secara rutin dan tepat, maka lama kelamaan tabungan akan bertambah banyak dan di kemudian hari bisa digunakan untuk membeli atau mencicil rumah.
7.      Investasi emas
Cara berikutnya adalah dengan berinvestasi emas secara rutin. Cara ini bisa lebih menguntungkan daripada menabung secara rutin, karena emas bisa jadi nilainya meningkat di masa yang akan datang. Tentu hal ini akan menguntungkan. Selain itu, emas juga bisa dijual dengan mudah.
8.      Usaha sampingan
Cara berikutnya adalah dengan membuka usaha sampingan. Usaha sampingan bisa menambah penghasilan sehari-hari. Dengan usaha sampingan, akan lebih mudah kiranya untuk menabung atau mencicil rumah. Selain itu usaha sampingan juga bisa membantu kestabilan keuangan selama proses KPR berjalan.
Demikianlah beberapa tips dan cara membeli rumah dengan gaji kecil yang bisa dilakukan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

About Us

Harga RumahJOGJA

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]








Popular Posts

Formulir Kontak