Friday, 4 August 2017

Tips Negosiasi Rumah Dijual Jogja 100 juta

Rumah dijual Jogja 100 juta tentu akan menjadi incaran banyak orang, karena selain murah, lokasi di Jogja juga sangat menguntungkan. Namun tentu saja untuk mendapat rumah seharga 100 juta di Jogja tidaklah mudah. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah negosiasi harga yang tepat.
Tips Sukses Negosiasi Rumah Dijual Jogja 100 juta
Sebelum membeli sebuah properti, baik itu rumah ataupun tanah dijual di Jogja tentu dibutuhkan komunikasi yang baik antara penjual dan calon pembeli dengan melakukan negosiasi. Negosiasi ini akan menguntungkan karena bisa saja harga yang ditawarkan bisa menjadi lebih murah. Namun tidak banyak orang yang mengetahui cara yang tepat untuk bernegosiasi, baik itu sebagai penjual atau sebagai calon pembeli.
Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa berhasil dalam negosiasi harga properti, termasuk jika ingin mendapatkan rumah dijual Jogja 100 juta:
1.      Mencari tahu harga pasar
Harga pasar merupakan sebuah acuan yang paling tepat dan merupakan salah satu pokok utama cara cepat jual rumah atau popok utama cara mendapatkan rumah murah. Dengan mengetahui harga pasar, penjual bisa menentukan harga jual. Pembeli juga bisa mendapatkan kisaran harga untuk negosiasi dengan penjual properti tersebut. Harga pasar ini yang bisa menjadi acuan apakah harga yang ditawarkan layak atau tidak.
2.      Menentukan batas maksimal penawaran
Calon pembeli properti perlu menentukan batas maksimal penawaran. Harga ini tentu ditetapkan dengan perhitungan tertentu. Dengan adanya harga batas ini, penawaran akan lebih terarah dan lebih cepat, karena calon pembeli bisa tahu kapan akan maju dan kapan akan mundur dengan penawaran harga tersebut.
3.      Jangan cepat tertarik
Salah satu kelemahan pembeli yang bisa dengan mudah mengacaukan proses negosiasi adalah terlalu cepat tertarik. Apalagi jika harga yang dipasarkan tergolong harga rumah murah Jogja. Atau karena properti memang merupakan properti idaman. Sebaiknya jangan mudah tertarik dengan satu rumah saja. Lebih baik mencari rumah lain untuk dibandingkan dan jangan memutuskan tawaran harga hanya dengan perasaan.
4.      Jangan cepat menawar
Sebelum menawar sebuah rumah atau properti, cek dulu properti lain yang juga ditawarkan. Bandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing properti. Jangan cepat-cepat menawar. Pikirkan dulu properti mana yang paling sesuai dengan harapan, baru kemudian menawar rumah yang dipilih. Hal ini akan meminimalkan kebingungan di kemudian hari.
5.      Dahulukan penjual
Yang dimaksud dengan dahulukan penjual adalah biarkan penjual yang memulai negosiasi terlebih dahulu. Hal ini akan membuat calon pembeli tidak terlihat terlalu membutuhkan rumah tersebut, sehingga jika negosiasi tidak deal dan pembeli tidak jadi membelinya, tidak akan ada perasaan terpaksa dari pihak pembeli.
6.      Bernegosiasi dengan wajar
Sadarilah bahwa penjual dan pembeli yang akan melakukan transaksi jual beli sama-sama menginginkan harga terbaik. Sebagai pembeli, jangan menawar dengan  harga yang terlalu rendah, karena penjual bisa saja sudah menemukan calon pembeli lain yang mungkin bisa memberikan harga yang lebih wajar. Bernegosiasilah dengan harga yang wajar, yang disesuaikan dengan harga pasaran.
7.      Jangan mudah terjebak
Kebanyakan penjual memang melakukan trik yang menakut-nakuti calon pembeli bahwa sudah ada pembeli lain yang tertarik, atau sudah ada orang lain yang berani membayar mahal, dan sebagainya. Memang ada beberapa penjual yang benar-benar sudah memiliki calon pembeli yang demikian. Namun sebaiknya jangan mudah terjebak, karena lebih banyak penjual yang hanya menggunakan trik supaya calon pembelinya segera memberikan keputusan. Lebih baik tetap pada pendirian.
8.      Fleksibel
Sikap fleksibel selalu dibutuhkan agar setiap negosiasi lebih berjalan lancar. Bila perlu, biarkan penjual memikirkan matang-matang harga yang ditawarkan. Jangan terlalu memaksa untuk penjual segera membalas tawaran tersebut, karena setiap orang pasti membutuhkan waktu untuk menentukan sesuatu.
9.      Ketahui proses pembayaran
Ada baiknya kedua belah pihak mengetahui alur atau proses pembayaran rumah yang akan diperjualbelikan. Apalagi jika rumah tersebut tergolong rumah mewah dijual di Jogja. Hal tersebut tentu akan lebih memudahkan kesepakatan mengenai harga dan proses jual beli yang akan dilakukan.
10.  Pantau perkembangan harga
Saat calon pembeli tertarik dengan suatu rumah dan sudah melakukan negosiasi, namun harganya masih sangat tinggi, pembeli bisa mengakhiri negosiasi. Namun, jangan buru-buru mengalihkan perhatian dari rumah tersebut. Terus pantau perkembangan harga rumah tersebut dari waktu ke waktu. Jika rumah tersebut belum laku dalam beberapa bulan ke depan, atau bahkan dalam beberapa tahun ke depan, cobalah melakukan penawaran kembali setelah dilakukan negosiasi pertama kali. Penjual mungkin sudah mau melepaskan rumah dengan harga yang lebih sesuai dengan penawaran.

Itulah beberapa tips sukses negosiasi rumah dijual jogja 100 juta yang bisa dilakukan untuk mendapatkan harga hunian yang murah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

About Us

Harga RumahJOGJA

Kami adalah Situs khusus Jual Beli Tanah dan Rumah khususnya daerah Yogyakarta. Siap melayani Transaksi Jual Beli Tanah Maupun Rumah untuk kebutuhan Investasi maupun Tempat tinggal Anda.


: [email protected]








Popular Posts

Formulir Kontak